Mendapatkan penghasilan dari google, meskipun kita tidur!

Jadikan blog atau websitemu menjadi sumber penghasilan pasifmu!


Menggunakan Google AdSense untuk memonetisasi lalu lintas dari situs web ataupun aplikasi Anda dengan iklan bergambar merupakan salah satu metode monetisasi yang paling sederhana & efektif. Namun, meskipun ini konsep yang relatif sederhana, kita perlu memahami beberapa hal spesifik agar bisa sukses.

Pada artikel ini, saya ingin menunjukkan bagaiman cara mulai menghasilkan uang dengan Google AdSense. Perhatikan bahwa saya hanya akan berfokus pada AdSense dan juga cara mengoptimalkan iklannya. Saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat situs web ataupun blog yang menghasilkan lalu lintas.

BAGAIMANA CARA MENGAJUKAN AKUN ADSENSE, APA SAJA YANG DIBUTUHKAN?

Google ingin menjaga kualitas situs web tetap tinggi dan juga menjaga integritas dari jaringan iklan mereka.

Ada beberapa persyaratan dasar yang harus dipatuhi oleh setiap penerbit atau publisher yaitu:
  • Usia adalah 18 tahun.
  • Memiliki akun Gmail yang aktif yang tidak ditautkan ke akun AdSense lainnya
  • Memiliki situs web atau blog yang memenuhi semua persyaratan layanan dari Google.

Kita harus mematuhi kebijakan program dari Google , namun saya juga merekomendasikan beberapa persyaratan tambahan untuk memastikan blog atau situs kita diterima. Yang diatntaranya adalah kita memiliki blog atau situs web dengan setidaknya 30 halaman dengan konten yang unik, yang telah berumur tiga bulan dan juga menghasilkan beberapa lalu lintas atau traffic atau dengan arti kaat lain adalah blog kita sering dikunjungi orang. Semakin banyak lalu lintas yang dihasilkan situs web kita, maka semakin baik dan juga semakin tinggi potensi penghasilan kita.

BERAPA LAMA WAKTU YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENDAPATKAN PERSETUJUAN ADSENSE?

Biasanya,publisher atau pemilik blog atau situs diterima dalam waktu 24-48 jam, namun juga bisa memakan waktu hingga 1-2 minggu untuk disetujui.

ADA BANYAK JENIS IKLAN ADSENSE

Setelah kita disetujui, maka kita siap untuk mulai menjalankan iklan AdSense dan juga pastinya menghasilkan pendapatan iklan. Namun sebelum melakukannya, sebaiknya pahami berbagai jenis unit iklan. Pada adsense ada lima jenis unit iklan AdSense . Ini termasuk juga iklan bergambar, dalam umpan atau in feed, lalu dalam artikel, konten yang sesuai atau matched, dan juga tautan.

Berikut adalah contoh bentuk iklan yang ada pada adsense : 

contoh untuk iklan bergambar : 



contoh iklan dalam feed :


Contoh iklan konten yang sesuai google :


Contoh iklan tautan : 



Cara Membuat Unit Iklan Pertama

Unit iklan mengacu pada ruang atau templat iklan dalam halaman web atau blog atau aplikasi seluler tertentu dimana kita dapat menampilkan iklan. Untuk melakukannya, kita harus membuat unit iklan terlebih dahulu, kemudian menambahkan kode di mana pun kita ingin iklan tersebut ditampilkan dalam situs web atau blog.

Ada banyak cara untuk menambahkan unit iklan ke situs web atau blog. Hal ini bergantung pada platform dari situs web atau blog yang kita gunakan, kita mungkin juga perlu mengedit kode situs web untuk menambahkan unit iklan kita. Beberapa platform juga memiliki fungsi built-in yang mendukung iklan dan juga membuatnya lebih mudah untuk menambahkan kode unit iklan kita.

Yang Dibutuhkan Untuk Sukses

Sukses pada blog atau web tidak terjadi dalam semalam. Kita harus memberi waktu sistem untuk beradaptasi dan juga menunjukkan potensinya. Ini juga bisa memakan waktu yang setidaknya beberapa minggu sampai pada angkanya mulai naik - jika kita melakukan hal yang benar. “Melakukan hal tersebut yang benar” berarti adalah:
  • Kita mematuhi kebijakan
  • Iklan kita sangat terlihat (atau IAB merekomendasikan setidaknya 70% keterlihatan)
  • Kita mempublikasikan konten yang berkualitas tinggi dan juga menarik yang menghasilkan durasi sesi lebih lama
  • Kita tidak membanjiri situs kita dengan terlalu banyak iklan
  • Kita membuat perubahan satu per satu dan juga memantau pengaruhnya terhadap kinerja

Namun jika kita merasa kurang percaya terhadap penempatan iklan anda di blog kita, kita bisa memilih opsi unit iklan otomatis. Sehingga di sini yang menempatkan iklan pada situs kita dalah dari pihak google.