Tidak Ada Panggilan padahal Banyak Melamar Kerja, Ini Penyebabnya!

Tidak Ada Panggilan padahal Banyak Melamar Kerja, Ini Penyebabnya! 1. Tidak Memenuhi Kualifikasi yang Disyaratkan Kualifikasi pekerjaan biasanya suda
Tidak Ada Panggilan padahal Banyak Melamar Kerja, Ini Penyebabnya!

Melamar Kerja Sana-sini tetapi Tidak Ada Panggilan?

Hallo Sobat Gotokerja, banyak diantara kita yang sudah melamar kerja atau apply lamaran kebanyak perusahaan atau bahkan setiap hari mengirim lamaran kerja namun hasilnya masih nihil juga. Nah, kali ini gotokerja.com akan membagikan beberapa informasi yang mungkin menjadi penyebab dari CV atau lamaran kamu tidak dilirik oleh HRD sehingga nihil panggilan untuk seleksi selanjutnya.

Sebelumnya, gotokerja menulis artikel ini karena ada pertanyaan dari SobatGotokerja yang ditanyakan melalui FORUM Gotokerja.com :
Melamar Kerja Sana-sini tetapi Tidak Ada Panggilan?


Beberapa hal yang menyebabkan lamaran kerja sia-sia sehingga tidak menarik bagi HRD adalah :

1. Tidak Memenuhi Kualifikasi yang Disyaratkan
Kualifikasi pekerjaan biasanya sudah ditentukan oleh perusahaan atau HRD perusahaan tersebut. Kualifikasi yang diminta biasanya berkaitan dengan posisi pekerjaan tersebut sehingga harapannya calon karyawan adalah orang yang mampu melaksanakan pekerjaan yang ada sesuai dengan posisi dan kualifikasinya. Jadi, ketika Sobat Gotokerja.com melamar pekerjaan pastikan kalian memenuhi kualifikasi yang disyaratkan oleh perusahaan tersebut.


2. CV Tidak Menarik Bagi HRD
Nah, permasalahan yang kedua kenapa tidak pernah ada panggilan adalah HRD tidak tertarik ketika melihat CV kamu. Jadi tipsnya adalah, buatlah CV dengan semenarik mungkin namun jangan berlebihan. Buatlah CV yang padat dan jelas yang menceritakan tentang dirimu bahwa kamu memiliki apa yang menjadi persyaratan dari posisi yang kamu lamar. Saat ini sudah banyak jasa pembuat CV dengan harga murah, ataupun dapat membuat sendiri melalui situs seperti canva dan lainnya.


3. CV Tidak Terbaca oleh ATS
Sobat Gotokerja.com, saat ini teknologi sudah sangat berkembang. Banyak dari perusahaan yang utamanya perusahaan besar melakukan seleksi CV tidak lagi manual melihat dari satu persatu, namun melalui sistem yang sering disebut ATS (Applicant Tracking System). ATS sendiri adalah suatu sistem atau software yang digunakan suatu perusahaan atau website lowongan kerja untuk mengumpulkan resume dan menyeleksinya sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Jadi, pastikan CV kamu terbaca oleh sistem ATS ya, nah bagaiman tips membuat CV yang ramah ATS bisa browsing di internet ya, atau pada kesempatan selanjutnya akan kami buatkan Tips membuat CV yang profesional.


4. Lamaran Tidak Dibaca/Dibuka HRD
Kemudian permasalahan selanjutnya adalah HRD tidak membuka lamaranmu, hal ini biasanya terjadi buat pelamar yang melamar melalui Email atau website perusahaan. Biasanya HRD tidak membuka lamaranmu karena ketumpuk oleh lamaran-lamaran lain yang lebih baru, nah bagimana mensiasatinya adalah pastikan kamu mengirim lamaran kerja saat jam kerja atau jam operasional dari perusahaan yang kamu lamar tersebut ya. Jika kamu melamar kerja tidak pada jam kerja atau operasional perusahaan tersebut, atau misalnya malam maka dikhawatirkan adalah akan ketumpuk lamaran-lamaran yang lebih baru lagi di pagi harinya.


5. Berkas Lampiran Tidak Lengkap
Sobat Gotokerja.com, pastikan juga bahwa kamu melampirkan berkas-berkas pendukung dari lowongan yang kamu lamar, sebagai contohnya surat keterangan kerja bagi yang sudah berpengalaman atau sertifikat profesi atau kompetensi bagi yang memilikinya. Jika perusahaan mensyaratkan surat keterangan sehat dan SKCK, pastikan juga kamu melampirkannya.


6. Mengirim Lamaran Se-enaknya.
Ada beberapa kasus yang sering terjadi atau yang biasa dialami oleh HRD. Diantaranya adalah menerima lamaran yang penerima lamaran tersebut adalah banyak perusahaan, hal ini biasanya terjadi melalui email. Kemudian pada surat lamaran juga tidak tercantum nama perusahaan yang dilamar serta posisi yang dilamar, sehingga HRD akan menilai bahwa kamu terbiasa bekerja dengan se-enaknya. Jadi sebelum melamar, pastikan juga bahwa Surat Lamaran yang kamu buat sudah memiliki alamat tujuan yang jelas serta posisi yang kamu lamar tercantum.

Nah, itu beberapa penyebab yang biasa terjadi dan menjadi alasan kenapa HRD tidak memanggil pelamar. Semoga bermanfaat ya Sobat Gotokerja.com. Good Luck... semoga kesuksesan menyertai kalian.