Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

7 Bahan yang akan Membuat Gigi Lebih Putih. Sebenarnya ketika manusia yang terlahir memiliki gigi putih tetapi secara bertahap kita tumbuh, warna gigi

7 Bahan yang akan Membuat Gigi Lebih Putih


Gigi putih dan berkilau akan membuat senyum dan penampilan kita lebih menarik. Berdasarkan penelitian dari American Dental Association (di sana) yang melibatkan beberapa responden, 87% dari mereka menyatakan bahwa mereka dengan senang hati melihat orang lain tersenyum terutama jika mereka memiliki gigi putih.
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Mengapa gigi menjadi kuning?

Sebenarnya ketika manusia yang terlahir memiliki gigi putih tetapi secara bertahap kita tumbuh, warna gigi dapat berubah karena banyak faktor.

Warna gigi yang terlihat putih secara biologis adalah warna lapisan gigi yang transparan enamel, warna lapisan dentin di dalamnya dan warna lapisan antara enamel dan dentin.

Penelitian menunjukkan bahwa warna gigi dapat berubah karena noda yang dapat datang dari luar dan dari dalam. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning baik ekstrinsik (faktor eksternal) dan intrinsik (faktor batin):

Faktor ekstrinsik.

Faktor eksternal yang menyebabkan noda di gigi termasuk makanan, rokok dan alkohol. Makanan yang terlalu panas atau dingin dapat merusak warna alami gigi serta kopi, cokelat, teh dan makanan lainnya.

Tembakau yang terkandung dalam rokok juga bisa menjadi salah satu penyebab ganti gigi. Sebenarnya perubahan warna pada gigi yang disebabkan oleh makanan dapat dihindari dengan membersihkan gigi atau menyikat gigi setelah makan.

Faktor instrinsik.

Selain faktor eksternal, perubahan warna gigi juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang berasal dari dalam, misalnya, beberapa jenis obat tertentu.

Seiring waktu, gigi akan membentuk bahan atau senyawa antara enamel dan lapisan dentin dan semakin lama senyawa ini dapat menumpuk di gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning.

Perubahan warna gigi yang disebabkan oleh faktor intrinsik lebih sulit dihilangkan daripada yang disebabkan oleh faktor eksternal.


Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Meskipun ada perubahan pada warna gigi atau gigi kuning, sulit untuk dihindari, masih ada cara untuk mengembalikan gigi putih alami. Banyak orang menghabiskan uang untuk memutihkan gigi dengan cepat di klinik kesehatan dan kecantikan.

Jika Anda memiliki gigi kuning dan tidak punya cukup uang untuk memutihkannya di klinik kesehatan dan kecantikan, cara-cara berikut dapat membantu Anda:

1. Siwak.

Siwak untuk pemutih gigi


Istilah siwak yang kita kenal untuk membersihkan gigi sebenarnya adalah cabang atau bagian dari pohon siwak itu sendiri. Siwak telah lama digunakan sebagai unsur alami untuk menjaga kebersihan dan gigi putih alami.

Penelitian arkeologi juga menemukan bahwa Siwak telah digunakan sejak peradaban Mesir kuno. Tidak hanya itu, umat Islam tentu tahu betul bahwa Nabi Muhammad selalu membersihkan giginya dengan menggunakan Siwak. Berikut ini adalah cara menggunakan SIWAK untuk membersihkan dan menghilangkan noda pada gigi:
  • Gunakan Siwak yang memiliki tekstur lunak, siwak ini dapat diperoleh dari batang atau akar tanaman siwak
  • Campur siwak untuk menjadi bubuk
  • Campur bubuk siwak dengan sedikit air dan oleskan pasta ke gigi
  • Bersihkan atau berkumur setelah lima menit

Perawatan ini dapat dilakukan dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Strawberry.

Memutihkan gigi dengan Strawberry

Tidak hanya baik untuk konsumsi, stroberi mengandung vitamin C dan asam ellagic yang dapat membantu memutihkan gigi. Beberapa selebriti Hollywood seperti Catherine Zeta-Jones dan Tyra Banks bahkan terbiasa menggunakan stroberi sebagai bahan pemutih gigi.

Efek pemutih yang disebabkan oleh stroberi dapat diperoleh dalam waktu singkat bahkan hanya dengan mengunyahnya. Inilah cara menggunakan stroberi untuk memutihkan gigi:
  • Strawberry dapat langsung digosok pada gigi dan membiarkannya duduk selama beberapa menit. Kemudian berkumur dengan air hangat
  • Atau haluskan stroberi dan campur dengan satu sendok teh baking soda
  • Oleskan pasta stroberi pada gigi dan biarkan selama dua menit. Lalu bilas dengan air hangat
  • Lakukan perawatan ini dua kali seminggu

3. Minyak kelapa

Memutihkan gigi dengan Minyak Kelapa

Siapa yang akan berpikir bahwa minyak kelapa dapat digunakan untuk mencegah plak sambil membuat gigi Anda yang mulai lebih putih dan lebih bersih.

Minyak kelapa adalah ekstrak minyak sayur tanaman dari daging kelapa dan memiliki jenis lemak yang dikatakan cukup unik dan kaya akan manfaatnya, karena seluruh lemak terbuat dari trigliserida rantai menengah (MCT).
  • Siapkan satu sendok makan minyak kelapa
  • Oleskan minyak kelapa ke gigi Anda secara merata dan biarkan duduk selama 10-15 menit
  • Mudah untuk minyak kelapa dan obat kumur dengan air bersih
  • Sikat gigi terakhir seperti biasa
4. Gunakan hidrogen peroksida
Cara Memutihkan Gigi Dengan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah salah satu bahan kimia yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Senyawa hidrogen peroksida biasanya digunakan sebagai produk pemutih pada makanan dan dalam konsentrasi tertentu dapat membantu memudar noda pada gigi.

Hidrogen peroksida dijual di apotek dan toko kimia. Jika Anda ingin menggunakan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi, Anda harus memilih produk hidrogen peroksida yang memiliki label food grade atau aman untuk dikonsumsi.

  • Larutkan sendok hidrogen peroksida Sejung dalam segelas air
  • Gunakan solusi untuk berkumur
  • Selain digunakan untuk berkumur, hidrogen peroksida juga dapat digunakan untuk membuat pasta gigi alami dengan mencampurnya dengan baking soda.
Ingatlah untuk berhati-hati saat menggunakan hidrogen peroksida untuk mengunyah atau menyikat gigi. Penggunaan berlebihan akan merusak gigi Anda. Disarankan untuk menggunakannya sebulan sekali.


5. Garam dan lemon

Memutihkan gigi dengan garam dan lemon

Garam dan lemon bisa menjadi kombinasi yang kuat untuk menghilangkan kuning di gigi. Garam adalah exfoliator atau pengupas alami yang dapat digunakan untuk mengikis noda pada gigi, sementara lemon mengandung asam yang dapat membantu membubarkan noda pada lapisan enamel.

Langkah-langkah berikut yang perlu Anda lakukan untuk memutihkan gigi menggunakan garam dan lemon:
  • Campurkan satu sendok teh garam dengan beberapa tetes lemon
  • Gosok campuran pada gigi dan biarkan berdiri beberapa menit
  • Bilas atau berkumur dengan air hangat
  • Selain menggunakan metode di atas, Anda juga dapat menggunakan lemon kulit untuk menyikat gigi dengan menerapkannya langsung ke gigi dan pergi selama beberapa menit, lalu obat kumur dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan ini dua kali seminggu

6. Baking Soda.

Cara Memutihkan Gigi denga Baking Soda

Baking Soda adalah salah satu bahan alami populer dan sering digunakan untuk memutihkan gigi. Baking Soda adalah bubuk halus putih yang biasa digunakan sebagai pengembang makanan seperti kue dan makanan lainnya.

Namun, penggunaan baking soda yang berlebihan bahkan dapat merusak gigi Anda. Oleh karena itu, gunakan baking soda setidaknya satu atau dua bulan.
  • Membuat pasta soda kue dengan mencampur dua sendok makan soda kue dengan satu sendok air
  • Oleskan pasta ke gigi dan biarkan selama tiga menit
  • Bilas dan berkumur dengan air hangat

7. Baking Soda dan Jus Lemon

Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda dan Lemon

Material yang satu ini tidak asing dengan telinga kita. Baking Soda dipercaya secara efektif mengatasi noda kuning pada permukaan gigi. Baking soda dan jus lemon adalah kombinasi yang cukup bagus untuk berurusan dengan gigi kuning sambil membuatnya lebih pendek.

Penggunaan baking soda karena pemutihan gigi dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti hidrogen peroksida dan strawberry. Baking Soda bubuk mampu mengikis kuning di lapisan enamel gigi dan membuatnya kembali putih. Inilah cara menggunakan baking soda sebagai bahan pemutih gigi:
  • Tuang beberapa sendok teh baking soda secukupnya
  • Tambahkan jus lemon kecil
  • Aduk sampai tercampur rata sampai menyerupai pasta
  • Tempatkan di sikat gigi, lalu sikat gigi Anda secara merata
  • Obat kumur terakhir dengan air bersih