Cara Cepat Agar Dapat Kerja

Cara Cepat Dapat Kerja Bagaimana agar dapat kerja dengan cepat? Cari Pekerjaan sesuai dengan Skills atau kemampuan Tingkatkan Diri dengan Skill

Bagaimana agar dapat kerja dengan cepat? 

Cara Cepat Dapat Kerja


Sobat gotokerja.com, banyak yang sudah berusaha melamar kerja sana sini namun belum ada hasil juga.. Mungkin ini tips yang bisa sobat gotokerja.com baca dan gunakan agar segera dapat kerja : 

Cari Pekerjaan sesuai dengan Skills atau kemampuan

Melamar pekerjaan sebanyak mungkin tentu bukan hal yang asing bagi kandidat. Akan tetapi, perusahaan membuka lowongan tentu untuk mencari kandidat dengan skill yang dicari. Maka dari itu, skill sangatlah penting selama penyeleksian berkas dan interview. Pastikan kamu melamar pekerjaan sesuai dengan skills atau bidang yang kamu pelajari sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

Apabila seorang lulusan akuntansi melamar sebagai arsitek, hal ini tentu akan menjadi penghambat. Dua bidang tersebut jelas ada di bidang yang sangat berbeda, namun akan berbeda ceritanya ketika kamu memiliki pengalaman. Lalu bagaimana dengan fresh graduate tanpa pengalaman kerja? Jika kamu belum memiliki pengalaman untuk menerapkan skill yang kamu pelajari, hal ini bisa dilatih karena kamu memiliki dasar ilmunya.

Walaupun kamu berasal dari jurusan yang tidak sesuai, kamu bisa jadi akan dipertimbangkan ketika punya pengalaman dan skill yang sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh HR. Jadi jangan sampai salah dan asal melamar, ya!

Tingkatkan Diri dengan Skill Kekinian

Jika kamu susah mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan dirimu, cobalah menganalisa keadaan saat ini. Jenis pekerjaan apa saja yang sebenarnya sedang diminati atau dicari banyak orang saat ini?

Di era digital ini, selain banyak pekerjaan baru yang muncul, banyak juga skill kekinian baru yang dicari perusahaan. Tuliskan dan buat daftar tentang skill yang dibutuhkan dari pekerjaan tersebut. Jika kamu miliki skill tersebut akan menjadi nilai tambahan ketika melamar kerja.

Contoh skill trending di era digital:
  • Desain Grafis
  • Video Editing
  • SEO (Search Engine Optimization)
  • Project Management
  • Dan lainnya

Setelah punya daftar skill-nya, introspeksi dirimu sendiri. Apakah kamu punya skill yang dibutuhkan dari pekerjaan tersebut? Atau, apa skill yang kamu punya saat ini dapat bersaing dengan rata-rata orang yang mendaftar untuk posisi tersebut? Dengan memperhatikan hal ini, kamu bisa mengukur kemampuan dirimu sendiri.

Menjadi yang terdepan di bidang pekerjaan masing-masing orang memang sangat sulit saat ini. Namun, bukan artinya kamu harus menyerah. Justru ini menjadi titik balik agar kamu mulai bekerja untuk meningkatkan kemampuan dirimu sendiri.

Cek info loker di : www.gotokerja.com

Pastikan CV Lengkap dan Menarik

Gak jarang lho ada aja kandidat yang mencantumkan CV tidak lengkap saat melamar pekerjaan. Kamu tentunya harus menghindari hal ini karena CV yang lengkap sama pentingnya dengan skill. Dari mana lagi perusahaan akan tau bahwa kamu kandidat terbaik kalau bukan dari CV bukan? Jadi, pastikan CV kamu lengkap dan menarik.

Beberapa data yang setidaknya perlu ada dalam CV adalah deskripsi diri, pendidikan, data pribadi dan kontak, pengalaman kerja, dan skill. Pastikan kamu membuat deskripsi diri yang menonjol dan jelas. Cantumkan skill dan tugas dari setiap pengalaman kerja yang relevan. Jangan lupa juga untuk menaruh pendidikan mulai dari pendidikan terakhir yang kamu tempuh.

Gak cuma soal isi CV, penyusunan CV juga perlu diperhatikan. Gunakan jenis font yang tepat, seperti Times New Roman. Perhatikan juga ukuran huruf agar jelas untuk dibaca oleh HR nantinya. Jika kamu kesulitan membuat CV sendiri, kamu bisa mendapatkan download template CV gratis yang tersedia di JobStreet.

Kamu juga perlu memilih antara CV ATS atau CV kreatif. Jika kamu bekerja di bidang kreatif, seperti Graphic Designer atau Copywriter, kamu bisa menggunakan CV kreatif yang akan menunjukkan sisi kreatifmu saat memasukkan berkas lamaran.

Untuk kamu yang mengincar bidang lain, gunakan CV ATS dengan keywords tertentu agar terdeteksi oleh Application Tracking System (ATS) saat perusahaan menyeleksi kandidat. Keywords bisa ditemukan di deskripsi iklan lowongan pekerjaan yang kamu incar.

Persiapkan Interview

Setelah mempersiapkan CV, skill, dan memperluas koneksi, satu hal yang gak kalah penting adalah persiapan perkenalan diri saat interview. Di tahap inilah kamu bisa membuktikan segala pengalaman serta kemampuan yang kamu cantumkan di CV secara langsung di depan HR. Dengan interview yang sukses, HR akan lebih mempertimbangkan kamu dengan kandidat lainnya.

Berikut ini beberapa tips untuk sukses interview:
  • Datang lebih awal agar kamu memiliki waktu untuk menenangkan diri dan memeriksa kelengkapan.
  • Gunakan pakaian interview yang sesuai.
  • Lakukan perkenalan diri saat interview dengan kalimat yang jelas.
  • Jaga kontak mata selama interview dengan melihat mata HR saat berbicara.
  • Pertahankan postur tubuh yang baik dengan duduk tegak.
  • Gunakan ekspresi wajah dan gestur tangan yang natural saat interview.
  • Siapkan beberapa pertanyaan untuk ditanyakan di akhir interview pada HR.
  • Ucapkan terima kasih saat interview sudah selesai.

 

Cek info loker di : www.gotokerja.com


Bangun Personal Branding di Media Sosial

Personal branding merupakan cara kamu mempresentasikan dirimu secara online. Di era digital ini, tidak jarang bagi rekruter untuk melakukan background check ketika menyeleksi kandidat untuk mengenal mereka lebih dalam. Maka itu, memiliki kehadiran online (reputasi online) di media sosial menjadi penting.

Contoh cara membangun personal branding :
  • Membagikan cerita/pengalaman profesional di LinkedIn
  • Membagikan konten bermanfaat pada media sosial
  • Membagikan ilmu melalui video di platform Youtube