Part 2 : Cara membuka Rekening Saham Bersama Sekolah Pasar Modal

Cara membuka Rekening Saham Bersama Sekolah Pasar Modal. Dengan Rp. 100.000, sudah bisa jadi investor saham serta Gratis belajar mengenal saham.

Belajar Saham Bag. 2 : Dengan Rp. 100.000, sudah bisa jadi investor saham serta Gratis belajar mengenal saham.

Buka Rekening Saham bersama Sekolah Pasar Modal - SPM/SPMS


Bagi calon investor yang belum mengenal saham sama sekali namun berkeinginan untuk mengenal serta berinvestasi pada saham-saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dapat mengikuti Sekolah Pasar Modal maupun Sekolah Pasa Modal Syariah. 

Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan oleh bursa Efek Indonesia bersifat Gratis namun harus menyetor Rp. 100.000 yang digunakan sebagai pembukaan atau setoran awal rekening saham yang selanjutnya Rp. 100.000,- tersebut dapat digunakan untuk membeli saham. Sehingga secara otomatis jika mengikuti Sekolah Pasar Modal maka juga membuka rekening efek/saham pada perusahaan-perusahaan sekuritas yang bekerja sama dengan BEI dalam hal penyelenggaraan Sekolah Pasar Modal.

Sekolah Pasar Modal sendiri terbagi menjadi 2, yaitu Sekolah Pasar Modal dan Sekolah Pasar Modal Syariah. Adapun pelaksananya adalah Bursa Efek Indonesia Pusat maupun Kantor Perwakilan bersama dengan perusahaan-perusahaan sekuritas. Khusus untuk Sekolah Pasar Modal Syariah diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia bersama dengan perusahaan sekuritas yang menyediakan Syariah Online Trading System. 

Pelaksanaan SPM/SPMS


Pelaksanaan Sekolah Pasar Modal terbagi menjadi dua, yaitu secara Offline atau tatap muka serta juga Online. 

1. Kelas Tatap Muka


Untuk kelas tatap muka Sekolah Pasar Modal biasanya diadakan di Gedung Bursa Efek Indonesia dan juga pada setiap Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia yang ada di seluruh Indonesia. Silahkan cek jadwal kelas Sekolah Pasar Modal di masing-masing kantor perwakilan Bursa Efek Indonesia mengikuti akun sosial media seperti Instagram dari masing-masing Kantor Perwakilan BEI yang ada di tiap Propinsi atau bisa juga melakukan cek jadwal SPM di website sekolahpasarmodal.idx.co.id

2. Kelas Online

Sekolah Pasar Modal Saham Online


Sedangkan untuk kelas online, Calon Investor akan mendapatkan edukasi berupa Investasi Pasar Modal melalui pemaparan melalui berbagai media video, audi, tertulis dan juga forum yang digunakan sebagai sarana belajar dan dapat diakses selama 10 hari terhitung sejak pembayaran Calon Investor disetujui oleh AB atau perusahaan sekuritas. 

Calon Investor juga akan langsung diarahkan untuk menbuat Rekening Dana Nasabah dari mitra Perusahaan Efek atau sekuritas yang dapat dipilih sendiri, untuk kemudian digunakan pada saat berinvestasi saham di Pasar Modal Indonesia. Pendafataran sekolah Pasar Modal Online dapat dilakukan melalui link : https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/login

Kegiatan Sekolah Pasar Modal


Sekolah Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu Level 1 dan 2 dengan penjelasan di bawah ini untuk masing-masing Sekolah Pasar Modal maupun Sekolah Pasar Modal Syariah.

1. Sekolah Pasar Modal (SPM) Saham

Sekolah Pasar Modal (SPM) Saham


Diselenggarakan selama 1 (satu) hari dari jam 08.00 – 16.00 WIB dan terdiri dari dua (2) level:
  • SPM level 1 ini diperuntukkan bagi masyarakat yang belum pernah menjadi investor saham. Pada SPM level 1 peserta akan mendapat gambaran umum mengenai pasar modal, kemudian tentang investasi khususnya investasi saham, dan juga cara berinvestasi saham yang ada di pasar modal Indonesia. Untuk mengikuti SPM level 1 peserta akan dikenakan biaya Rp100,000,- (seratus ribu rupiah) yang akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (artinya biaya SPM dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham);
  • SPM level 2 merupakan Workshop Investasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah menjadi investor saham yang ada di pasar modal Indonesia, dengan dibuktikan dengan mempunyai SID dengan membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham pada saat akan mengikuti SPM level 2. SPM level 2 juga dapat diikuti oleh peserta SPM level 1 pada hari yang sama. Pada SPM level 2 ini peserta akan mendapat pengetahuan mengenai analisa fundamental dan juga analisa teknikal sebagai pengetahuan untuk memilih saham yang akan diinvestasikan;
Setiap peserta SPM akan mendapatkan sertifikat kegiatan apabila telah mengikuti SPM level 1, SPM level 2 (Workshop Investasi) dan telah melakukan transaksi jual/beli saham.

2. Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) Saham

Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) Saham


Diselenggarakan terdiri dari dua level:
  • SPMS level 1 ini diperuntukan bagi masyarakat yang belum menjadi investor saham syariah. Pada SPMS level 1 peserta akan mendapat pengetahuan mengenai investasi syariah di Pasar Modal dan juga Landasan Fiqih Investasi di Pasar Modal serta juga mekanisme transaksi saham syariah dengan menggunakan Sharia Online Trading System (SOTS). Untuk mengikuti SPMS level 1 ini peserta dikenakan biaya Rp 100,000,- (seratus ribu rupiah) yang kemudian akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham syariah (artinya biaya SPMS dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham syariah);
  • SPMS level 2 merupakan Workshop Investasi Saham Syariah yang akan diperuntukkan bagi masyarakat yang telah menjadi investor saham syariah di pasar modal Indonesia, dibuktikan dengan telah mempunyai SID serta dengan membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham syariah pada saat mengikuti SPMS level 2. SPMS level 2 ini juga dapat diikuti oleh peserta SPMS level 1 pada hari yang sama. Pada Workshop Investasi Saham Syariah ini peserta akan mendapat pengetahuan tentang analisa fundamental dan juga teknikal, informasi market update serta juga pengenalan Reksa Dana Syariah sebagai pengetahuan teknis dalam berinvestasi secara syariah
Setiap peserta SPMS akan mendapatkan sertifikat kegiatan apabila telah mengikuti SPMS, Workshop Investasi Syariah dan telah melakukan transaksi jual/beli saham minimal 1 (satu) kali transaksi.

Tertarik untuk ikut Sekolah Pasar Modal? Silahkan Daftar dengan klik : DAFTAR

Selanjutnya : Belajar Saham Bag 3 : Bagaimana Memilih Sekuritas yang bagus serta Membuka Rekening Saham Sendiri dan Memulai Investasi atau Trading.